KKULDAK ALA RANI (AYAM BUMBU MANIS PEDAS)

Gara-gara liat promo diskon yang salah satunya ada produk kkuldak, aku jadi ngidam. Sayangnya nggak bisa dikirimin pake ojek online karena jarak rumahku begitu jauh dari outlet-outlet yang ada. Langsung dong dapet semangat untuk bereksperimen bikin sendiri! Ternyata di cookpad dan youtube udah banyak yang coba bikin. Let’s try!

Bahan utama:

  • ½ kg Daging Ayam Fillet
  • Tepung Tapioka, secukupnya
  • 1 btr Telur
  • Merica
  • Garam
  • Cuka
  • Minyak Goreng (untuk menggoreng)

Bahan pelengkap/Tteokbokki: (sebenernya Rani nggak begitu yakin, karena pelengkapnya Rani 100% pake insting aja hahaha)

  • Tepung Beras, secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan bumbu:

  • 5 sdm Madu murni (bisa juga pake madu yang ada rasanya, mungkin takarannya dikurangi)
  • 2 sdm Kecap
  • 2 sdm Saos Sambal
  • 2 sdm Saos Tomat
  • 1 sdm Gula pasir
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci bersih daging ayam fillet, rendam dengan cuka beberapa saat. Tiriskan
  • Lumuri dengan merica dan garam, secukupnya
  • Balur daging ayam dengan tepung tapioka, lalu telur, lalu balur kembali dengan tepung
  • Goreng daging ayam hingga matang keemasan, tiriskan
  • Campurkan tepung beras (yang sudah ditaburi garam), masukkan air secukupnya hingga membentuk adonan yang kalis
  • Potong-potong adonan tepung beras (tteokbokki) sesuai selera, rebus hingga matang. Tiriskan
  • Campur semua bumbu, masak hingga mengental. Sisihkan
  • Campur ayam, tteokbokki dan bumbunya, sajikan bersama mayonnaise

Rasanya… agak kemanisan sih atau aku nyampurin bahannya kurang merata ya? Tapi not bad lah, tetep endes!

❤ Rani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *